Tips Membuat Lunch Box Sehat

Makan siang dan makanan ringan yang sehat penting untuk anak-anak yang aktif. Makan makanan sehat membantu anak berkonsentrasi dan belajar. Namun, perubahan pola makan yang sehat tidak selalu mudah dilakukan. Cobalah untuk memberi contoh yang baik dengan makan siang Anda sendiri. Penting juga untuk menawarkan pilihan lunch box yang sehat. Dorong anak-anak untuk membantu memilih dan menyiapkan makan siang mereka sendiri. Mereka mungkin ingin membuat daftar makanan yang mereka sukai. Nah, untuk membantu Anda menciptakan pilihan lunch box yang sehat, berikut ini Kami berikan berbagai tips.

Makanan yang dapat dimasukkan ke dalam lunch box

  • Buah segar
  • Sayuran renyah
  • Makanan daging atau protein, seperti irisan daging tanpa lemak, telur rebus, selai kacang, atau pasta kacang*
  • Makanan olahan susu, seperti stik atau irisan keju, keju parut, susu atau yoghurt
  • Makanan bertepung, seperti roti, roti gulung, pita atau roti pipih, roti buah atau biskuit
  • Air.

Saran makanan untuk lunch box

Ada banyak pilihan makanan yang tersedia untuk lunch box. Namun, terkadang sulit untuk memutuskan makanan mana yang merupakan pilihan sehat. Berikut ini tipsnya.

  • Buah

Pilihan terbaik, termasuk buah segar atau kalengan. Buah kering lengket dan tinggi gula, jadi makanlah sesekali. Makanan yang harus dihindari dari lunch box adalah buah kering, yang sangat tinggi gula, rendah serat, dan dapat menempel pada gigi anak-anak yang menyebabkan kerusakan gigi.

  • Sayuran

Cobalah stik sayuran dengan saus atau wadah kecil dengan campuran sayuran, seperti tomat ceri, wortel, cabai, dan mentimun. Keripik dan sebungkus keripik sebaiknya dibiarkan untuk pesta dan acara-acara khusus.

  • Susu, yoghurt, dan custard

Termasuk sekotak kecil susu (dibekukan semalaman) yang dibungkus kain di dalam lunch box. Yoghurt buah harus tetap dingin dalam lunch box yang terisolasi. Makanan yang harus dihindari dari lunch box adalah ‘makanan penutup susu’ dan susu beraroma, yang tinggi gula.

  • Saus, keju, dan biskuit

Keju dan crackers versi pra-paket atau buatan Anda sendiri boleh-boleh saja. Anak-anak menikmati keju kemasan mini. Hindari saus manis, seperti selai cokelat. Biskuit gurih yang ‘dipanggang di oven’ sama tingginya dengan garam dan lemak seperti keripik dan sebaiknya dihindari.

  • Roti yang berbeda menambah minat

Sertakan berbagai roti, terutama jika anak-anak mulai kehilangan minat pada sandwich. Cobalah roti gulung, roti pita, roti pipih, bagel, roti buah, foccacias, scone, pikelet, muffin, crumpets, crispbreads, dan kue beras.

  • Variasikan isian

Isian dapat mencakup vegemite atau ekstrak ragi lainnya, selai kacang, keju (coba berbagai jenis), tuna, telur, irisan daging, kacang panggang, wortel parut dan selada, daging panggang cincang dengan acar atau chutney, dan alpukat. Saus seperti kaviar (taramosalata), terong, buncis (hommus), mentimun, yoghurt (tzatziki) atau bayam juga bisa dijadikan olesan yang enak. Hindari olesan cokelat, selai dan madu, serta daging berlemak, seperti salami dan strasbourg.

  • Muffin dan kue

Cobalah membuat muffin dan kue Anda sendiri sebagai cara yang bagus untuk memasukkan lebih banyak buah dan sayuran. Contohnya termasuk sultana, wortel, zucchini, pisang atau labu. Donat dan kue krim paling baik ditawarkan pada hari ulang tahun dan acara-acara khusus daripada di lunch box.

  • Muesli dan ‘breakfast’ bar

Hampir semua ‘bars’ terlalu tinggi gula untuk dimasukkan secara teratur, tetapi sereal bar mungkin lebih baik untuk gigi daripada muesli bar yang kenyal dan lengket. Cobalah untuk menghindari muesli bar dan coklat batangan di lunch box. Ini mahal dan biasanya disatukan dengan lemak dan gula.

Minuman terbaik untuk lunch box

Air dan susu adalah minuman terbaik untuk anak-anak. Mereka dapat dibekukan untuk membantu menjaga makanan di lunch box tetap dingin. Minuman manis seperti jus buah, minuman jus, minuman manis, minuman olahraga, air mineral berperisa, soft drink, dan minuman bersoda mengandung gula tinggi dan tidak perlu. Minuman ini dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi, mengenyangkan, dan dapat menggantikan makanan yang lebih sehat.

Solusi praktis untuk keluarga sibuk

Makanan harus sederhana dan mudah disiapkan, siap disantap, dan menggugah selera setelah beberapa jam disimpan di lunch box. Makanan seperti sandwich dapat disiapkan pada malam sebelumnya atau pada akhir pekan, dibekukan, kemudian dibawa untuk lunch box setiap hari. Makanan yang cocok untuk dibekukan meliputi:

  • Roti
  • Daging masak
  • Keju
  • Selai kacang
  • Kacang panggang
  • Mashed egg
  • Ragi atau olesan sayuran seperti Vegemite.

Itulah tips membuat lunch box sehat. Bagi Anda yang ingin membuat lunch box sehat ini, Anda bisa menggunakan paper lunch box sebagai wadah. Hal ini dikarenakan bahannya yang terbuat dari kertas papan food grade berkualitas tinggi telah menjadikan paper lunch box direkomendasikan sebagai pengganti yang lebih sehat dan ramah lingkungan untuk busa polistiren dan kotak plastik untuk dibawa pulang. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan paper lunch box sebagai wadah lunch box Anda dan sedang mencari paper lunch box berkualitas, maka Anda dapat mempercayakannya pada Polacup.

Polacup sendiri adalah produsen terkemuka untuk gelas kertas dan kemasan sekali pakai lainnya untuk bahan makanan sekali pakai. Polacup hanya menggunakan bahan-bahan premium, dengan mempertimbangkan kesadaran lingkungan dan tanggung jawab perusahaan dari masing-masing mitra pemasok. Untuk itu, produk kertas yang disediakan bersifat ramah lingkungan dan bersertifikat food grade. Adapun paper lunch box kami selain anti bocor dan tahan minyak, rasa makanan juga akan terjaga karena paper lunch box kami tidak akan menyerap kelembaban, air, dan kuah. Tersedia dalam ukuran kecil, sedang, besar, ekstra besar, dan berpartisi. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi bagian marketing kantor Polacup di nomer yang tersedia di website https://polacup.com/.